Solusi Hemat Belanja Makanan Sehat

Sebagian besar orang menganggap makanan sehat identik dengan harga yang mahal, sehingga mereka terkadang memilih bahan makanan yang kurang sehat.

Padahal, kebiasaan belanja yang salah adalah penyebab membengkaknya biaya belanja. Ada banyak bahan makanan sehat dengan harga terjangkau yang bisa didapatkan di supermarket maupun pasar tradisional.

Kali ini TopikWanita.com akan membahas solusi mendapatkan makanan sehat dengan harga hemat.

Buat Menu Mingguan

Rencanakan menu mingguan Anda secara lengkap dan detail, hal ini akan membantu Anda menentukan jenis dan jumlah bahan makanan yang akan Anda beli. Membeli bahan makanan tanpa perencanaan akan menguras anggaran belanja.

Beli Lebih Banyak

Beberapa produk tertentu di supermarket memberikan diskon khusus untuk setiap pembelian dalam jumlah tertentu. Dengan adanya daftar menu mingguan, Anda bisa membeli makanan sehat yang sedang diskon untuk seminggu sekaligus. Namun pastikan Anda menyimpan stok makanan tersebut di tempat yang tepat dan aman.

Pilih Bahan Makanan Segar

Sebagian makanan olahan dalam kemasan memiliki kandungan lemak yang lebih tinggi dan cenderung lebih mahal. Jadi gunakanlah uang Anda untuk membeli buah-buahan segar, sayuran, ikan, unggas, susu rendah lemak dan biji-bijian.

Utamakan Sumber Protein

Makanan berprotein adalah menu belanja yang wajib ada dalam list Anda. Kombinasikan sumber protein hewani seperti ayam, ikan, telur, susu dan olahannya dengan protein nabati seperti kacang-kacangan, biji-bijian, beras merah, untuk gizi seimbang. Sangat perlu untuk melakukan variasi menu setiap harinya.

Bijaksana Dengan Diskon

Diskon adalah trik supermarket dan toko dalam melakukan promosi untuk meningkatkan penjualan. Namun pastikan Anda membeli produk yang berkualitas baik, serta dapat disimpan dan digunakan secara optimal.

Jangan Belanja Saat Lapar

Hindari berkunjung ke supermarket atau toko bahan makanan saat lapar. Rasa lapar akan “menghipnotis” Anda sehingga semua makanan yang Anda lihat adalah makanan lezat dan nikmat, hal ini akan mendorong Anda belanja lebih banyak camilan yang pada dasarnya tidak sehat.

Makan di Rumah

Makan masakan di rumah tidak hanya sehat, tetapi juga hemat. Jika Anda terlalu sibuk dan tidak sempat memasak, belilah alat masak yang praktis, misalnya alat pemanggang. Bawalah bekal ketika tidak memungkinan bagi Anda membeli makanan sehat di sela kesibukan Anda.

Masak Lebih Banyak, Bekukan Sebagian

Masaklah makanan dalam porsi besar, lalu Anda bisa bekukan sebagian makanan itu untuk antisipasi ketika Anda sedang berada dalam aktivitas yang sangat padat.

Berkebun Di Rumah

Tanam pohon apel, belimbing, rambutan, atau mangga di halaman rumah Anda. Anda juga bisa menanam berbagai sayuran seperti bayam, tomat, brokoli, kubis, dan sebagainya. Selain untuk penghijauan, Anda akan memiliki stok buah sendiri ketika masa panen tiba serta sayuran sehat yang terjamin mutu dan kebersihannya.

Makanan Sehat Rendah Kalori

Selain membantu menurunkan berat badan, banyak penelitian menunjukkan bahwa diet rendah kalori baik untuk mencegah obesitas dan penyakit diabetes. Pilih makanan sehat rendah kalori seperti sayuran dan buah-buahan segar.

Selamat berbelanja ya, ladies!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *