Kapan Wanita Hamil Boleh Minum Air Kelapa?

Manfaat air kelapa untuk ibu hamilSebenarnya perlu tidak meminum air kelapa muda saat menjalani kehamilan ? Dari pertanyaan ini, meminum air kelapa muda atau tidak saat menjalani kehamilan sebenarnya boleh-boleh saja. Namun sebenarnya, meminum aiur kelapa muda memang memiliki manfaat yang baik bagi ibu hamil, karena air kelapa muda ini memiliki berbagai zat yang baik bagi ibu hamil.

Konsumsi air kelapa pada saat kehamilan, selama tidak berlebihan dan tidak mengganggu asupan nutrisi lainnya tidak membahayakan Ibu maupun janin. Ibu perlu memastikan bahwa Ibu memenuhi asupan nutrisi dan kalori yang diperlukan bagi Ibu hamil dari berbagai sumber makanan.

Meminum air kelapa muda di usia kehamilan muda itu tidak masalah asalkan mengkonsumsinya dalam porsi yang sewajarnya dan tidak terlalu banyak. Karena apabila terlalu berlebihan akan membuat perut kembung.

Biasanya dianjurkan oleh dokter dan tenaga medis untuk kehamilan diatas 6 bulan.Kandungan elektrolit air kelapa dipercaya mampu membuat rahim bersih dan menjaga air ketuban tetap jernih. Konsumsilah air kelapa muda 1-2 kali saja pada usia kehamilan diatas 6 bulan. Terlalu banyak minum air kelapa muda juga tidak baik untuk kesehatan ibu dan bayi. Sebagai alternatif, ibu bisa memilih kelapa ‘obat’ yang memang diperuntukkan bagi ibu hamil.

Beberapa informasi yang simpang siur seputar kehamilan seringkali terjadi diantaranya informasi tersebut membuat ibu hamil resah bahkan tidak sedikit ibu hamil yang justru mempercayainya dikarenakan dianggap sangat berpengaruh dalam menjaga kehamilannya. Salah satu informasi yang simpang siur seputar kehamilan berhubungan dengan konsumsi kelapa muda, pada beberapa daerah diyakini kandungan nutrisi yang terdapat di dalam kelapa akan membantu proses persalinan anda akan tetapi ibu hamil justru cemas ketika mengkonsumsi kelapa muda dikarenakan masyarakat setempat di daerahnya mempercayai bahwa kelapa muda dapat memicu keguguran.

Pada umumnya penyebab keguguran pada saat kehamilan adalah terjadinya kerusakan kromosom saat pembelahan janin adapun beberapa penyebab lain yang mengakibatkan keguguran diantaranya adalah dengan adanya infeksi oleh mikroorganisme yang menyerang ibu hamil, penyakit yang kronis, rahim yang abnormal atau terjadinya kelainan hormonal pada ibu hamil. Bagi anda yang memiliki pola hidup yang tidak sehat seperti kebiasaan buruk anda, merokok, minuman keras, narkoba atau juga bisa dikarenakan fakktor psikis akan meningkatkan resiko keguguran yang lebih tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *