Berbagai Cara Menciptakan Keluarga Yang Harmonis

Di awal pernikahan semua ucapan dan kado dari para sahabat dan kerabat mencantumkan kata-kata semoga berbahagia dan penuh berkah. Keluarga bahagia dan harmonis adalah dambaan setiap insan yang membangun maghligai rumah tangga.

Lalu, bagaimana tips menciptakan keluarga bahagia dan harmonis?
Pertama-tama dalam rangka menciptakan keluarga bahagia dan harmonis haruslah ada rasa saling percaya. Kepercayaan memang mahal harganya. Oleh karenanya apabila pasangan telah memercayai kita, jangan pernah berpikir untuk menghianatinya. Kepercayaan di sini bukan hanya masalah mencintai pasangan sebagai satu-satunya pria atau wanita di dalam kehidupan kita.

Kepercayaan menyangkut banyak hal yang perlu diutarakan dan terbuka diantara keduanya. Percaya bahwa pasangan berkata jujur tentang semua hal yang dibicarakannya kepada kita. Tentang saudaranya, teman-temannya, dan orang tuanya. Tentang keuangan keluarga, anak-anak, dan berbagai problema yang terkadang mendera keluarga. Kepercayaan ini yang mengantarkan keterbukaan dan kelembutan pasangan. Memegang teguh kepercayaan yang telah diberikan, tidak memberi celah sedikitpun pada tindakan curang yang akan menghalangi maksud baik untuk berumahtangga dengan bahagia.

Selain adanya saling percaya, setiap pasangan perlu untuk menciptakan rasa saling mengalah. Katakanlah cinta dan kasih sayang memang diperlukan dalam membangun sebuah rumah tangga namun tanpa adanya saling mengalah maka cinta dan sayang hanya berbentuk ego semata. Dengan saling mengalah maka masing-masing pasangan akan bisa meredam ego-nya. Perbedaan tidak lantas menjadikan pertikaian tetapi justru menambah pengalaman dan variasi dalam menjalin hubungan. Jika si suami sedang gundah, sudah menjadi tugas si istri untuk menenangkannya . Sebaliknya jika si istri sedang cerewet, sudah menjadi tugas suami untuk mendengarkannya. Sikap saling mengalah ini bisa menjadi tips menciptakan keluarga bahagia dan harmonis.

Ketiga, tips menciptakan keluarga bahagia dan harmonis adalah dengan menyamakan visi dan misi. Seperti membangun sebuah organisasi? Memang benar, keluarga adalah organisasi kecil yang dipimpin oleh kepala keluarga, dengan bendahara dan sekertaris pihak si istri, dan bertujuan untuk membahagiakan semua anggotanya. Menciptakan anak-anak berkualitas dan baik, menumbuhkan manfaat bagi sekitar, dan mencapai tujuan bersama. Visi dan misi yang sama akan memudahkan komunikasi antara suami-istri. Komunikasi yang lancar menjadi kunci terciptanya keluarga harmonis.

Demikian beberapa tips menciptakan keluarga bahagia dan harmonis. Semoga bisa menjadi inspirasi untuk mulai menjalin hubungan dan komunikasi yang baik dengan pasangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>